Mengenal RAID

1. RAID

RAID (redundant arrayof independent disks) adalah cara menyimpan data yang sama pada beberapa harddiskyang berbeda dalam 1 tingkatyang sama sebagai backupdata dalam kasus kerusakan drive.Namun, tidak semua tingkat RAID menyediakan redundansi.

2.merupakan gambar wadah harddiskexternal atau yang biasa disebut dengan external RAID enclosuresyang digunakan untuk menambahkan beberapa harddiskexternaldari satu wadah ke dalam PC sehingga PC mendapatkan kapasistas penyimpanan tambahan dari harddiskyang terpasang pada external RAID enclosures. Dengan banyaknya harddiskyang dimiliki oleh PC, memungkinkan PC terebut untuk menerapkan teknologi RAID.

3.RAID bekerja dengan menempatkan data pada beberapa diskdan memungkinkan operasi input/ output(I/O) untuk tumpang tindih, ArrayRAID muncul ke sistem operasi (OS) sebagai harddisklogis tunggal. 

4.Pada dasarnya, tingkatstandar RAID ada 6 yaitu RAID-0, RAID-1, RAID-2, RAID-3, RAID-4, dan RAID-5. Tetapi seiring dengan perkembangan teknologi komputer, beberapa tingkatbaru bermunculan. saya akan membahas 4 tingkatRAID yang sering digunakan.[1]

5.RAID-1:Dikenal sebagai diskmirroring, konfigurasi ini terdiri dari setidaknya dua driveyang menduplikasi penyimpanan data.Tidak ada striping.Kinerja baca ditingkatkan karena diskdapat dibaca pada saat yang bersamaan.Kinerja penulisan sama seperti untuk penyimpanan disktunggal.

6.RAID-5:Level stripingdengan paritas.Informasi paritas di setiap drive, memungkinkan arrayberfungsi bahkan jika satu driverusak.Arsitektur arraymemungkinkan operasi baca dan tulis untuk menjangkau beberapa dri

7.RAID-6 : Jika pada RAID 5 toleransi kerusakan diskhanya satu, padaRAID-6 memiliki 2 disk. Dengan penambahan ekstraParity block, maka redundansi data lebih bagus ketimbang RAID 5. Sehingga membutuhkan minimal 4 buah harddisk.

8.RAID-10 : RAID 10 biasa juga disebut dengan RAID 1+0atauRAID 1&0, RAID-10 membutuhkan minimal 4 buah hardisk.RAID-10 adalah kombinasi antara RAID-0 (data striping) dan RAID-1 (mirroring). Memiliki performa baca/tulis & redundansi data tertinggi (memiliki toleransi kerusakan hingga beberapa hardisk).

9.Kinerja, ketahanan dan biaya adalah salah satu manfaat utama dari RAID.Dengan memasang banyak hard drive, RAID dapat meningkatkan kinerja hard 

10.menggunakan teknik mirroring diskdan stripingdisk. mirroringmenyalin data yang identik ke lebih dari satu drive. Stripingyaitu semua diskdisisipkan dan ditangani secara berurutan. Diskmirroringdan diskstrippingdapat digabungkan pada susunan RAID.Mirroringdan stripingdigunakan bersama-sama dalam RAID-01 dan RAID-10.

11.NAS

Network-attached storage (NAS) adalah penyimpanan filekhusus yang memungkinkan banyak pengguna untuk mengambil data dari kapasitas disk terpusat. Perangkat NAS biasanya dikonfigurasikan dan dikelola dengan utilitas berbasis browserdengan pengguna di jaringan area lokal (LAN). 


12.menjelaskan bahwa pada lingkungan NAS terdapat 2 buah serverdan memiliki 1 buah external RAID enclosures yang terhubung pada ethernet switch yang akan diberikan kepadaclientyang berada pada jaringan LAN untuk keperluan sharingdan resources.

13.Keunggulan NAS adalah kemudahan akses, kapasitas tinggi dan biaya yang cukup rendah. Perangkat NAS menyediakan infrastruktur untuk kehandalan penyimpanan di satu tempat.

14.NAS memungkinkan pengguna untuk berkolaborasi dan berbagi data secara lebih efektif, NAS memudahkanlingkungan kerja terdistribusi untuk mengakses filedan folderdari perangkat apa pun yang terhubung ke jaringan. Organisasi umumnya menggunakan lingkungan NAS sebagai landasan untuk cloudpribadi.

15.Meskipun IP adalah protokol transport data yang paling umum, beberapa produk NAS midmarket dapatmendukung Network FileSystem(NFS), Internetwork Packet Exchange (IPX), NetBIOS Extended User Interface (NetBEUI), ServerMessage Block(SMB) atau Common Internet FileSystem (CIFS ) .




Komentar